Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Pelatihan Digital Marketing YI Sul-Sel

June 10 @ 8:00 am - June 11 @ 5:00 pm

Donor darah mengajarkan kita beberapa hal penting:

Mencintai sesama manusia dengan penuh keikhlasan tanpa membeda-bedakan apa pun latar belakangnya.

Mendonorkan darah sejatinya adalah berbagi kebahagiaan dengan manusia lain tanpa mengharapkan imbalan apapun. Secara spiritual, donor darah [juga] mengajarkan kita: Bagaimana selayaknya kita dapat memanusiakan yang lainnya.        

 

Donor darah di Pos Inti Batu Ceper : Dok. Pos Inti batu Ceper

Siang itu, ada aktifitas tak normal di kediaman Ade Haryanto yang akrab disapa Bang Pengkim. Terlihat beberapa petugas medis (PMI) mempersiapkan peralatan medis khusus untuk aktifitas donor darah.

 

Ya benar, hari ini Bang Pengkim sebagai Pengayom Inti RASI (sesepuh komunitas spiritual) akan menghelat – Aksi Sosial Donor Darah – di kediamannya yang juga menjadi tempat pembinaan mental spiritual Masyarakat Spiritual Indonesia (RASI) di kawasan Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten (8/11/2020).

 

Menurut Bang Pengkim ide untuk kegiatan donor darah ini karena dirinya sering menemukan anggota komunitas maupun masyarakat sekitar kadang kesulitan mendapatkan stok darah saat dibutuhkan.

 

“Kadang ada ummat dan masyarakat sekitar yang menghubungi untuk meminta bantuan dari ummat untuk bersedia menjadi pendonor darah karena stok di PMI sangat terbatas. Jadi saya pikir kegiatan ini setidaknya bisa membantu PMI agar stok darah tetap tersedia selama masa pandemi,” jelas pria kelahiran 1960 ini.  Lebih lanjut bang Pengkim menjelaskan bahwa pendonor juga datang dari pos pembinaan lainnya seperti Palem Asri, Cipondoh dll.

 

“Semoga kegiatan ini bisa menginspirasi saudara-saudara kita di Pos lainnya untuk menggelar kegiatan yang sama demi kebaikan bersama”, pungkas Ade Haryanto.


 

 

Seperti jamak diketahui, kegiatan donor darah sudah cukup populer di Indonesia. Selain menyumbangkan darah, si pendonor juga bisa menerima pemeriksaan kesehatan secara gratis.

 

Para petugas Palang Merah Indonesia (PMI) akan melakukan pemeriksaan mulai dari detak jantung, suhu tubuh, dan tingkat hemoglobin sebelum mengambil darah si pendonor. Tindakan itu bisa mendeteksi kondisi medis tertentu yang selama ini tidak anda rasakan.

 

Pada sebuah wawancara, Ketua Umum Palang Merah Indonesia ( PMI) Jusuf Kalla mengatakan, akibat pandemi Covid-19, stok darah di PMI menurun hingga 50 persen. Padahal kebutuhannya meningkat karena banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan donor darah. “Saat ini stok darah di PMI menurun hingga 50 persen padahal kebutuhan darah saat ini sedang meningkat,” ujar Kalla saat saat itu.

 

Sayang, masih banyak yang percaya dan takut dengan mitos akibat donor darah seperti penularan penyakit dan menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Padahal berdasarkan fakta ilmiah, donor darah bermanfaat bagi kesehatan.

 

Berikut beberapa manfaat donor darah yang dihimpun dari berbagai sumber:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

    Menjadi relawan pendonor darah adalah cara yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Menyumbangkan sekitar 450 mililiter darah, akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah tersebut sudah cukup banyak untuk mengurangi berat badan.
  2. Menurunkan Risiko Kanker

    Donor darah dapat mengurangi risiko kanker apabila Anda rajin melakukannya. Seperti dirangkum dari Medical News Today, donor darah akan menurunkan kadar zat besi.
    Apabila kadar zat besi terlalu tinggi, maka akan berisiko terkena kanker seperti kanker hati, usus besar, paru-paru, kerongkongan, dan perut. Donor darah sangat diperlukan guna mengontrol kadar zat besi.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

    Donor darah bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam darah akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan menyebabkan oksidasi kolesterol.

    Produksi oksidasi yang akan menumpuk pada dinding arteri dan sangat berpotensi memicu serangan jantung dan stroke. Apabila Anda mendonorkan darah, maka kadar zat besi dalam darah akan stabil, sehingga terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Mental

  1. Menghilangkan Stres

    Darah adalah satu di antara komponen terpenting dalam tubuh. Dengan mendonorkan darah, maka Anda dapat menyelamatkan satu nyawa, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus.
    Dengan membantu kehidupan oran lain, tindakan terpuji ini dapat menghilangkan stres dan membuat Anda merasa lebih baik dan positif secara mental atau lebih baik daripada sebelumnya.
  2. Memiliki Energi Positif

    Donor darah dapat membangkitkan energi positif bagi setiap pendonornya. Biasanya akan muncul perasaan luar biasa senang setelah membantu menyelamatkan nyawa orang lain.
    Darah yang disumbangkan akan terbagi menjadi beberapa komponen sesuai dengan kebutuhan pasien. Setiap komponennya bisa diterima oleh penerima yang berbeda pula, tergantung apa yang dibutuhkan.

 

 

Karena mencintai sesama adalah jalan untuk mencintai sang Maha pencipta, So, mari meneruskan budaya ini dari waktu ke waktu.  Amin Allahumma Amin.

AMA | Sekretariat RASI | 24 Rabiul Awal 1442

Details

Start:
June 10 @ 8:00 am
End:
June 11 @ 5:00 pm
Event Categories:
,
Event Tags:
, , ,
Yaskum.info

Venue

Test
Jakarta
Jakarta, Jakarta 11608 Indonesia

Organizer

Yaskum Indonesia