Sabtu, 25 November 2017
Berita Terkini
Teknologi Masa Depan
Teknologi Masa Depan

Teknologi Masa Depan

Seperti apa teknologi masa depan untuk 5 sampai 50 tahun berikutnya? Sebuah pertanyaan yang akan Anda temukan jawabannya di sini untuk berbagai macam bidang teknologi. Dimulai dari bidang komputer, otomotif (sepeda motor, mobil), pesawat terbang dan teknologi medis. Berikutnya Anda akan mengetahui  seperti apa pembangkit energi di masa depan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seiring dengan bahan minyak bumi yang semakin lama akan semakin habis. Juga, Anda akan mengetahui apa itu rumah masa depan, sekaligus perkembangan berikutnya tentang kota impian di masa yang akan datang.

 

Teknologi mengacu pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah dunia nyata. Ini adalah istilah yang luas yang mungkin termasuk alat-alat sederhana, seperti obeng, tang, bor listrik, atau mesin yang lebih kompleks, juga masuk ke level tinggi seperti stasiun ruang angkasa atau partikel akselerator. Teknologi juga bisa berarti sesuatu yang tidak perlu material seperti teknologi virtual dan perangkat lunak komputer.

Kata “teknologi” juga dapat digunakan untuk merujuk kepada kumpulan teknik. Dalam konteks ini, tentang bagaimana manusia menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan, untuk memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan, termasuk didalamnya metode teknis, keterampilan, proses, ilmu teknik, alat dan bahan baku. Ketika dikombinasikan dengan istilah lain, seperti “teknologi medis” atau “teknologi ruang angkasa”, maka akan mengacu pada keadaan pengetahuan pada bidang masing-masing. Apapun itu, teknologi pada intinya sebagai “sarana untuk memenuhi tujuan manusia”, baik itu memenuhi kebutuhan atau sekedar memuaskan keinginan.

Teknologi masa depan atau teknologi yang akan datang merupakan hasil dari inovasi di lingkup teknologi (dalam hal ini ilmu teknik). Inovasi sendiri adalah sebuah “ide baru” atau perpaduan dari ide baru ditambah penemuan baru dari seseorang, kelompok ataupun perusahaan. Tahun 2014, perkembangan teknologi lebih mengarah ke NBIC (Nanotechnology, Biotechnology, Information technology dan Cognitive Science). NBIC sendiri merupakan istilah yang diperkenalkan oleh US National Science Foundation dalam publikasinya. Ke-empat hal tersebut sudah lama ada dan telah mendorong munculnya inovasi dari beragam teknologi di berbagai sektor/ bidang.

Teknologi Masa Depan di berbagai Bidang

Berbicara tentang teknologi di masa yang akan datang, berarti akan cenderung membahas kemungkinan perkembangan dari teknologi terbaru, baik itu berupa “ide baru” ataupun hasil dari perubahan, perbaikan dan improvisasi dari apa yang kita lihat saat ini. Termasuk dalam hal ini adalah konsep yang sudah lama namun masih dalam bentuk ‘prototipe’ yang belum bisa dinikmati hasilnya secara keseluruhan. Umumnya, teknologi masa depan sangat erat kaitannya dengan roadmap dari perusahaan, dari berbagai sektor industri, yang biasanya langsung tertuju pada kebutuhan manusia itu sendiri.

Berikut ini merupakan daftar beberapa teknologi untuk 5 hingga 50 tahun kedepan, yang meliputi bidang; sumber energi, pesawat udara, kota impian, rumah masa depan, mobil, sepeda motor, komputer, gadget, teknologi medis, dan lain sebagainya;

1. Pesawat

Kita sudah tahu tentang pesawat militer berputar-putar di atas kota-kota besar, dan itu bisa berfungsi sebagai hotspot Wi-Fi di wilayah itu, ini digunakan oleh sistem keamanan negara di Amerika. Hal ini merupakan perpaduan teknologi internet, komputer, dan teknologi pesawat udara. Hari ini itu sudah ada di militer AS.

Namun… apa yang kita bicarakan hari ini adalah pesawat terbang di masa depan yang berada di luar militer.

Pesawat terbang tenaga surya, atau tenaga matahari saat ini sedang menjalani misi mengelilingi dunia yang dimulai 9 Maret 2015. Pesawat tersebut menggunakan solar cell untuk menampung energi matahari yang kemudian di konversi menjadi tenaga listrik untuk menjalankan pesawat yang mereka sebut “Solar Impulse 2″. Teknologi ini kemungkinan akan dipakai untuk membuat pesawat terbang skala kecil dalam beberapa tahun mendatang. Baca lebih lanjut laporannya di: Penerbangan pesawat tenaga surya Solar Impulse 2

Teknologi masa depan _ gb 2 pesawat terbang

Teknologi Pesawat 5-10 Tahun Kedepan

Dalam waktu dekat, pesawat di masa depan akan melampaui apa pun yang kita miliki saat ini. Pesawat tersebut didukung oleh sel bahan bakar hidrogen. Hal ini sudah ada beberapa konsep dan percobaan dari perusahaan seperti Boeing dan Antares mencoba penerbangan dengan beberapa sel bahan bakar pesawat bertenaga hidrogen. Mereka mempraktekkan pesawat mengitari bandara dan mendarat hanya untuk membuktikan konsep tersebut “bisa bekerja”.

Menurut sumber (lihat dibawah), pesawat terbang masa depan yang didukung oleh hidrogen akan mulai digunakan untuk layanan konsumen sekitar 5 sampai 10 tahun mendatang. Karena hingga kini, masih ada beberapa hambatan, misalnya saja masalah menyimpan hidrogen yang belum memungkinkan untuk penerbangan jarak jauh. Di satu sisi, terdapat pengembangan di dalam sel bahan bakar, yang mana akan lebih ringan, lebih kuat dan lebih tahan lama dari hari ini. Pesawat masa mendatang juga akan mendukung teknologi dalam hal penyimpanan baterai listrik.

Teknologi Pesawat 10-15 Tahun Kedepan

Sekarang, mari kita ke rentan waktu 10 – 15 tahun yang akan datang. Diperkirakan, pesawat masa depan akan mulai mengembangkan desain yang lebih aerodinamis berdasarkan konsep serat karbon dan nano-fiber, merupakan suatu bahan yang dibuat dari konsep nano-teknologi.

Seperti yang kami singgung di atas (5-10 tahun), pada 10 tahun keatas dari hari ini, teknologi tersebut menjadi umum, dan banyak yang menggunakan berbagai bahan bakar termasuk hidrogen dan bahkan bahan bakar kelas hidrogen peroksida yang saat ini digunakan dalam jet. Bahan bakar jet seperti JP-8 akan dicampur dengan berbagai bio-fuel dan berikutnya akan digantikan oleh biofuel “sepenuhnya”. Pun begitu, hidrogen, biofuel dan bahkan beberapa pesawat listrik akan tetap ada 15 tahun lebih dari sekarang dan akan ada untuk waktu yang cukup lama sesudahnya. Namun, beberapa teknologi baru akan muncul di rentan waktu 15 tahun lebih dari hari ini, termasuk penggunaan energi magnetik, energi nuklir dan bahkan energi plasma. NASA dan yang lain bekerja pada ini sekarang.

Teknologi Pesawat 30-50 Tahun Kedepan

Teknologi berikutnya pada rentan waktu 30 – 50 tahun dari sekarang, apa yang telah dilakukan NASA hari ini, diprediksi akan terwujud paling cepat 30 tahun mendatang. Pesawat terbang dan pesawat ruang angkasa akan berjalan pada energi plasma. Perubahan besar juga akan terjadi dalam desain seperti sayap tetap, sayap bisa berubah (variabel), perubahan rotor dan lain-lain. Juga perubahan teknologi akan terjadi dalam metode navigasi berdasarkan teknologi kuantum, teknologi GPS, robotika, dan otomatisasi lainnya, yang pada akhirnya akan meninggalkan pilot duduk santai tanpa banyak bekerja, sambil makan gorengan.

2. Rumah

Hari ini, tahun ini, 2015, di AS ada sekitar 6.000 “rumah bawah tanah” dan ada yang sudah mengusung nama “modern underground home” – rumah bawah tanah modern -. Beberapa rumah tidak dilengkapi dengan teknologi konversi energi surya (matahari) dengan bantuan solar sel, namun sudah merupakan rumah modern yang memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Dan sebagian besar lagi rumah tersebut, sudah dilengkapi dengan fitur konservasi energi dan generasi canggih seperti panel surya, dan tentu saja sudah terdapat teknologi rumah pintar.

TEknologi rumah masa depan 1

Sekarang, mari kita menatap kedepan, seperti apa rumah masa depan yang akan terlihat dalam waktu 5-50 tahun kedepan?

Rumah masa depan ternyata masih dengan konsep teknologi solar sel, hanya saja hal ini akan diterapkan pada jendela rumah. Setiap jendela di rumah Anda bisa menjadi generator listrik yang nanti akan berkumpul ke satu pengontrol utama yang kemudian disalurkan ke seluruh rumah sebagai sumber daya listrik untuk penerangan, TV, PC dan peralatan elektronik lainnya. Disisi lain, turbin angin juga akan mulai banyak sebagai alternatif pembangkit energi listrik.

Semua teknologi yang diterapkan diatas disebut rumah masa depan dengan energi mandiri. Teknologi ini diprediksi akan mulai terasa dan populer pada rentan waktu 5-15 tahun mendatang.

Berikutnya yang paling keren! Teknologi rumah sekitar 30 hingga 50 tahun mendatang. Para insinyur dari Jepang telah terkenal di seluruh dunia gencar mengembangkan teknologi robotika lebih realistis dan fungsional yang dapat mengenali suara manusia bahkan melakukan tugas-tugas tertentu di sekitar rumah.

Seorang bernama Sir James Dyson memiliki visi untuk masa depan: setiap rumah tangga akan memiliki robot menangani tugas-tugas rumah tangga. Dia mengumumkan pembentukan pusat robotika £ 5.000.000 di Imperial College London. Visi nya adalah “robot yang memahami dunia di sekitar mereka”. Dyson telah mendapat sebuah tim insinyur yang bekerja dengan para ilmuwan di Universitas Waseda Jepang.

Teknologi robot masa depan

Rumah masa depan tentu akan mengambil keuntungan dari robot masa depan untuk melakukan pekerjaan seperti membersihkan rumah, menutup pintu, memasak, menyeterika baju dan pekerjaan lainnya.

3. Kota

Berikutnya dari teknologi masa depan, yaitu “kota impian dimasa depan!” Seperti apa nantinya? Apapun perkembangan teknologi yang mendukung perkembangan kota, baik itu transportasi, jalan, gedung-gedung bertingkat, dan lain sebagainya, prinsip pertama yaitu “Kota masa depan harus bisa menangani meningkatnya jumlah penduduk, globalisasi dan masalah lingkungan”, ini pasal pertama yang tidak bisa diganggu gugat!

Polusi udara merupakan hal yang memusingkan, tidak heran para pakar teknologi menyuarakan apa yang disebut “green technology“. Hasil yang bisa kita lihat hari ini adalah teknologi sel surya, ini telah berkembang pesat. Bahkan teknologi ini sudah seperti pembangkit listrik besar.

Teknologi masa depan Solar sel

Dalam 10 – 20 tahun mendatang, akan ada teknologi di sektor sel surya yang akan memungkinkan sebagian besar bangunan di kota-kota besar untuk menjadi stasiun pembangkit listrik sendiri. Ya, seperti teknologi untuk rumah masa depan. Jendela dapat digunakan sebagai panel surya, tetapi sedikit berbeda dengan rumah, untuk kota-kota masa depan akan menggunakan generasi berikutnya dari teknologi surya ini dalam skala yang lebih luas dan akan di integrasikan ke dalam teknik arsitektur bangunan.

Kota masa depan juga akan mengandalkan kekuatan angin yang terletak di pinggiran kota untuk sumber daya juga. Sama dengan rumah masa depan, hanya saja akan lebih besar kapasitasnya dan yang terpenting hal ini akan diintegrasikan ke dalam teknologi smart grid masa depan bersama dengan sumber energi jenis lain.

Untuk kota-kota masa depan, ganggang akan menjadi tanaman pangan dan bahan bakar yang penting. Ganggang akan tumbuh untuk biofuel dan sebagai “green technology” yang menghasilkan gas hidrogen (bersama dengan solar-ke-hidrogen, angin-ke-hidrogen, panas bumi-ke-hidrogen dan listrik tenaga air-ke-hidrogen). Ya, sebagian besar akan dikonversi ke hidrogen.

Teknologi masa depan _ kota impian green city

Sumber-sumber energi masa depan akan memastikan “green city”, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Kota masa depan juga akan memiliki teknologi transportasi terbaru termasuk mobil sel bahan bakar hidrogen, kereta (hydrail), kereta yang ditinggikan (hyrail), kereta bawah tanah, mobil listrik, mobil biofuel, bus hidrogen,  dan bahkan di beberapa mobil terbang yang nantinya terbatas untuk polisi dan personel gawat darurat, sebagai sarana keamanan dan keselamatan. Tentu Anda tahu semboyan lama di beberapa perusahaan Asing yaitu “safety first”.

Kota masa depan yang berada di atas tanah, juga akan memiliki jaringan bawah tanah yang lebih luas, akan terdapat kota-kota bawah tanah dengan identitas dan budaya mereka sendiri. Kereta bawah tanah, kereta kargo, akan terletak di bawah tanah. Juga diprediksi untuk data komputer akan terletak di bawah tanah, hal ini akan menggunakan pemanas alami Bumi dan sistem pendingin untuk menghemat energi.

Akhir-akhir ini, perusahaan besar dan pemerintah Amerika bekerjasama dengan pakar teknologi mencoba menentang alam, atau mencoba mengatasi lebih dini fenomena alam yang dianggap merugikan. Mereka seperti tidak percaya pada “Tuhan Alam Semesta”, mereka mencoba menghentikaan tornado, badai, petir dan gempa bumi. Seperti kita ketahui, dari dulu hingga sekarang dan untuk masa depan, mereka mencoba melakukan riset teknologi untuk mengontrol cuaca, dan pernah berpendapat bahwa bencana alam tidak akan terjadi selama berabad-abad. Para insinyur membangun struktur yang menahan badai paling kejam yang telah mereka catat. Dan sama seperti hari ini, kita akan lihat di masa depan, bahwa mereka “tidak akan benar-benar berhasil” dalam usaha ini!

4. Mobil

Kira-kira apa teknologi untuk mobil masa depan? Apapun itu, mobil masa depan akan didukung oleh bahan bakar selain minyak bumi. Saat ini, mobil Biofuel sudah ada di showroom dan yang dijual di pasar terbuka. Honda juga menjual kendaraan gas alam terkompresi disebut Civic GX.

Mobil masa depan akan datang dengan daya listrik, hidrogen, biofuel, bahan bakar sintetis dan paling tinggi harapan akan menggunakan teknologi nuklir. Selain bahan bakar, teknologi mobil pintar juga sudah lepas landas. Beberapa tahun yang lalu GPS adalah teknologi masa depan, sekarang ini adalah berita lama. Dengan gabungan teknologi GPS, internet dan komputer, kendaraan bisa parkir sendiri, mendeteksi lalu lintas dan bahkan bisa mengambil manuver untuk mengelak. Sementara yang sedang diuji adalah mobil yang berkomunikasi dengan sinyal lalu lintas dan juga komunikasi dengan kendaraan lainnya.

Pada pameran mobil besar, beberapa desain atau disebut “konsep kendaraan”. Banyak dari desain ini, menunjukkan bahwa mobil masa depan akan memperhatikan aerodinamis dan diproduksi dengan jejak karbon nol. Hal ini baru saja kita lihat baik pada acara CES 2015 ataupun Auto Show seperti CIAS dan Detroit. Satu contoh yang menarik adalah Mercedes-Benz F015. Mobil masa depan tahun 2030 ini diklaim mampu digeber hingga 0-62mph dalam 6.7 detik. Mobil tersebut akan membuat Anda duduk dan berbincang-bincang dengan keluarga, dan ketika ada sesuatu di depan baik pejalan kaki ataupun pohon tumbang, maka dengan sendirinya mobil akan berhenti.

Sekarang ini, Honda dan produsen lain sedang membangun mobil menggunakan biofabrics. Tubuh serat karbon akan digantikan oleh badan biofiber, lebih tangguh daripada baja namun cukup fleksibel untuk menyerap dan mendistribusikan energi selama crash.

Mobil masa depan akan kurang rentan terhadap crash juga karena banyak kegiatan mengemudi akan otomatis dan dikoordinasikan dengan komunikasi antar kendaraan, lampu jalan, tanda-tanda peringatan, satelit, internet dan transmisi digital, jaringan dan komputer. Mobil masa depan juga akan lebih aman, karena dampak laju mobil akan terdeteksi dan dapat dihindari seperti misalnya ada kendaraan di depan berhenti ada pohon di depan, ada pejalan kaki, pengendara sepeda atau bahaya jalan lainnya.

Lebih jauh sekitar 30 hingga 50 tahun kedepan, manusia akan menikmati adanya mobil yang bisa terbang. Tentu saja hal ini sudah dilakukan ujicoba, dan terus dikembangkan. Bahkan sudah dijual walaupun itu belum sempurna.

Teknologi masa depan mobil terbang

Seperti yang Anda lihat, ini adalah mobil terbang TF-X akan berjalan pada motor listrik didukung oleh kemasan baterai dalam mode hybrid, dengan energi yang dihasilkan dari turbin. Mobil dapat melakukan perjalanan 500 mil sampai dengan 200 mil per jam dan akan dilengkapi dengan parasut untuk setiap kebutuhan pendaratan darurat. Rencana masih cukup baru dan tidak akan benar-benar diproduksi, beberapa menyebutkan akan siap 8-10 tahun lagi, sumber lain menyebutkan akan dijual ke publik 15-30 tahun kedepan dengan perkiraan harga rata-rata $ 280.000.

Bus kini sedang diuji di California Utara, kendaraaan itu akan mengikuti magnet yang ditanamkan di jalan raya dan berjalan tanpa driver (pengemudi), bus tersebut bekerja secara otomatis, bergerak sepanjang rute yang diberikan.

5. Sepeda Motor

Sepeda motor masa depan akan lebih kuat, hemat bahan bakar dan pembakaran bersih. Sepeda motor akan menggunakan sel bahan bakar hidrogen, baterai tenaga listrik dan bahan bakar nabati.

Hari ini, kita melihat sudah ada sepeda motor Suzuki Crosscage dengan bahan bakar sel, merupakan prototipe bertenaga hidrogen yang ada sekarang.

Teknologi masa depan

Jadi, mari kita menatap masa depan. Pertama, kembali ke tahun 2003, adalah Dodge Tomahawk mempunyai desain yang unik. Tidak tahu pasti kapan sepeda motor ini akan mulai digelontorkan.

Teknologi Masa depan sepeda motor

Sepeda motor listrik MotoCzysz E1pc, yang merupakan sepeda motor listrik tercepat di dunia. Salah satu sebab bisa tercepat menurut sumber dikarenakan “bank baterai” yang terdapat di tengah-tengah kendaraan.

Teknologi masa depan, motor tercepat

Ada beberapa nama lagi seperti A3W Motiv konsep sepeda motor dengan tiga roda berturut-turut, terbuat dari aluminium dan pipa baja ditambah mesin v-twin 999cc LC8.

6. Komputer

Masih ingat Anda tentang penemuan sirkuit terpadu dan mikroprosesor (chip Intel 4004 tahun 1971) menyebabkan revolusi komputer modern, dan hingga kini hampir semua perkembangan teknologi didasarkan oleh chip-chip cerdas.

Tokoh pendiri Intel Corporation, Gordon E. Moore, mempunyai pendapat apa yang disebut “Hukum Moore”, disitu ia menjelaskan transistor milyaran yang terus bertambah sangat cepat hanya dalam 2 tahun, sehingga berdampak pada teknologi mutakhir yang tercipta hanya dalam waktu dua tahun. Hal ini juga menjadi acuan di beberapa situs teknologi, mereka banyak menyebutkan bahwa setiap dua tahun teknologi akan berubah drastis, apa yang hari ini kita anggap high-end, mutakhir, terbaik, terkuat, dua tahun kedepan akan menjadi teknologi tertinggal. Dari sini, kita tentu tidak 100% percaya, namun hanya sebagai acuan bahwa pengembangan teknologi pada komputer lebih cepat dari teknologi lainnya.

Oke, sekarang mari kita melihat teknologi komputer di masa depan untuk 5 hingga 50 tahun kedepan, seperti apa?

Jawaban yang tepat saat ini adalah “quantum” atau kami sebut saja komputer kuantum. Ya, dalam waktu 5 hingga 50 tahun kedepan, komputer akan menggunakan “nanoteknologi” untuk mengecilkan ukuran chip silikon, meningkatkan kecepatan dan kekuatan dengan pemrosesan paralel. Teknologi digital yang berprinsip pada logika “1” dan “0”akan segera usang, karena komputer masa depan kuantum tidak didasarkan pada digital 1 dan 0. Sebaliknya komputer masa depan ini didasarkan pada qubit (quantum bit).

Teknologi komputer masa depan

Dengan memanipulasi rotasi atom, data dapat dikirim dan disimpan pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kekuatan eksponensial komputer kuantum masa depan dibantu oleh nanoteknologi dan kecerdasan buatan, sehingga dibutuhkan memori cerdas. Dalam hal ini, komputer masa depan tidak akan lagi memiliki RAM atau DRAM melainkan MRAM (Magnetoresistive Random Access Memory).

Komputer masa depan akan berinteraksi dengan kita pada tingkat saraf. Dalam dunia sekarang ini, orang-orang cacat sedang dilatih untuk komputer, mereka bisa melakukan pekerjaan komputer seperti mengetik, membuka internet dan lain sebagainya, hanya menggunakan pikiran mereka. Semua orang akan dapat memerintahkan komputer, robot, bionik dan elektronik berbasis kuantum lainnya hanya menggunakan pikiran.

Komputer masa depan berada di garis depan menjadi mainstream dari berbagai teknologi di semua sektor. Anda sekarang boleh berpikir komputasi adalah semua tentang chip silikon dan bandwidth, namun dalam 30 tahun kedepan kedua hal itu akan dikatakan “tertinggal”. Gigaflops hari ini akan digantikan oleh teraflops, petaflops, exaflops sampai ke lumaflops dan di luar untuk kata-kata yang bahkan belum dibuat. Nah, berapa cepat komputer masa depan?

Para peneliti di IBM, UC Santa Barbara, Yale, Sony dan banyak perusahaan lain, saat ini sedang melakukan riset dan penelitian lebih lanjut tentang bagaimana caranya agar komputer masa depan akan memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh hanya dengan berpikir. Juga ada beberapa peneliti yang sedang meneliti teknologi quantum dan nanoteknologi untuk memindahkan barang dengan metode “teleportasi”, mungkinkah?

Komputer masa depan akan membantu dalam komunikasi, teknologi kedokteran, industrial, transportasi, dan semua sektor di hampir setiap tingkat kehidupan kita sehari hari. Bahkan pada tingkat yang diluar logika kita, bahwa komputer masa depan akan membuat Anda bisa melakukan perjalanan ke ruang angkasa, dengan melalui kereta (lihat gambar pertama diatas!). Apakah mungkin?

7. Medis

Teknologi medis di masa depan, seperti apa? Saat ini, obat telah memberi kita interface otak-komputer, nano-robot, organ sintetik, kloning organ, manipulasi gen, bedah robotik, bionik dan kriogenik. Teknologi semacam ini, hari ini sudah ada! Jadi, teknologi kedokteran masa depan apa?

Teknologi berikutnya dari sektor medis, masih akan didasarkan pada teknologi saat ini. Tentu saja akan ada penemuan baru.

Teknologi masa depan, medis 2

Saat ini, antarmuka otak-komputer yang hanya ditawarkan kepada beberapa orang, nantinya itu akan tersebar luas digunakan oleh khalayak ramai. Bahkan, hal ini akan menjadi standar di beberapa titik di pusat kota, akan menggantikan mouse dan keyboard komputer.

Dengan teknologi itu, untuk pasien, akan mampu melakukan penelitian tentang medis secara “individual” dari program-program komputer yang disediakan. Apa yang disebut dengan Internet of Things (IoT) yang hari ini tidak asing lagi, merupakan sarana antarmuka dengan dokter dan staf medis, sehingga Anda hanya akan berkonsultasi melalui internet.

Hologram akan menjadi bagian besar dari teknologi medis masa depan. Mirip dengan film “avatar”, secara nirkabel terhubung ke otak kita. Terapi fisik, dan jenis lain dari terapi akan dilakukan pada hologram seseorang secara nirkabel dihubungkan dengan otak.

Teknologi masa depan medis

Dalam teknologi masa depan medis, nano-robot, (atau nanobots) juga akan menjadi asisten bagi sistem pengiriman obat secara seluler. Dalam hal ini, komputer sudah melakukan keputusan mengenai obat yang tepat, dalam dosis yang tepat, untuk sel-sel yang tepat, yang pada awalnya tentu saja dilakukan oleh dokter terlatih, yang kemudian dengan kasus yang sama akan secara otomatis.

Nanorobots juga akan dapat melakukan prosedur bedah menit seperti menghilangkan sel-sel kanker atau memperbaiki sel-sel rusak. Pengobatan berbagai penyakit mental juga akan dibantu oleh nanobots. Nanobots akan dapat melakukan perjalanan ke dalam otak dan memberikan dosis yang tepat dari obat untuk mengatasi kecemasan, depresi atau gangguan stres.

Bedah robotik yang sedang digunakan sekarang akan menjadi lebih kuat di masa depan. Setelah bertahun-tahun prosedur medis dan penggabungan database medis komputer yang melakukan operasi akan menjadi sangat mahir dalam mendiagnosis, melakukan pemetaan tubuh dan mempertimbangkan risiko.

8. Sumber Energi

Bukan rahasia lagi bahwa dunia kita kehabisan bahan bakar fosil. Puncak minyak, kerusuhan di Timur Tengah dan negara-negara yang bermusuhan di lokasi lain meletakkan masa depan energi kita pada risiko. Inilah sebabnya mengapa menemukan dan memanfaatkan energi masa depan sangat penting. Mungkin kita tidak menyadari bahwa sumber energi mengelilingi kita di Bumi dan di seluruh alam semesta. Energi masa depan juga terjadi di sekitar kita. Misalnya, matahari merupakan sumber energi seluruh alam semesta, disatu sisi ada energi angin, laut, pasang surut, air, mikrohidro dan panas bumi.

Sumber energi erat kaitannya dengan teknologi hijau (green technology) atau teknologi bersih yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya, dan mengekang dampak negatif dari keterlibatan manusia. Sehingga hal ini akan berkaitan erat dengan teknologi pembangkit energi berkelanjutan seperti photovoltaics, turbin angin, bio-reaktor, dll.

Saat ini sudah ada berbagai macam energi terbarukan. Hydropower (energi air), dengan tekanan dari aliran air memutar turbin dan menghasilkan listrik, seperti apa yang kita nikmati di Indonesia saat ini Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Wind Power (energi angin) dengan memanfaatkan angin memutar turbin dan menghasilkan listrik lewat generator. Kemudian ada tenaga surya yang membutuhkan solar cell untuk mengubah panas matahari menjadi energi listrik, panas bumi, dan bioenergi yang terdiri dari biogas, biofuel padat dan biofuel cair.

Pada 30 tahun kedepan, para ilmuwan, peneliti dan insinyur akan menemukan cara untuk memanfaatkan kekuatan dan memberikan energi masa depan yang dihasilkan oleh tornado, gunung berapi, badai, gempa bumi, dan bahkan sambaran petir. Ya, yang disebut bencana alam akan tetap ada, namun terkait dengan perkembangan teknologi canggih, akan ada peralatan-peraltan sebagai wadah untuk menghasilkan energi. Para peneliti sudah bekerja pada turbin angin kuat, yang dapat menangkap kecepatan angin lebih dari 100 mph untuk digunakan di sekitar teluk pantai selama musim badai.

Teknologi masa depan energi fusion

Energi masa depan akan melibatkan banyak metode yang berbeda dan perangkat dari berbagai sumber. Berikut adalah sumber tambahan energi sebagai pusat daya untuk teknologi di masa depan:

  1. Gravity
  2. Anti-gravitasi
  3. Magnet
  4. Elektromagnetisme
  5. Brown Gas / HHO (hidrogen ditambah oksigen)
  6. Fusi dingin (cold fusion collider)
  7. Plasma
  8. Nuklir
  9. Bahan Bakar Alternatif
  10. Limbah untuk energi
  11. Dan.. sumber energi masa depan yang belum diketahui sekarang!

Seperti kita tahu bahwa bangunan reaktor nuklir adalah sensitif dan berbahaya. Tapi, ada jenis lain dari energi nuklir yang aman, bersih dan dapat menghasilkan tenaga yang stabil selama beberapa dekade yang akan datang yang disebut nuclear remediation, banyak peneliti, pebisnis dan perusahaan yang mengembangkan teknologi ini, salah satunya adalah pendiri Microsoft Corporation, Bill Gates ada dibalik pengembangan ini juga.

Penutup

Itulah sedikit pembahasan perkembangan teknologi di masa depan, baik untuk teknologi komputer, pesawat terbang, sepeda motor, mobil, rumah masa depan, dan tentang kota impian di masa depan. Untuk perangkat mobile silahkan baca: Teknologi Masa Depan Smartphone dan Tablet

Tentu saja teknologi masa depan yang kita ulas hari ini sedikit dari banyak hal tentang masa depan teknologi dari berbagai sektor industri dan dari berbagai bidang teknologi. Teknologi masa depan yang kami uraikan diatas beberapa sudah ada, beberapa yang lain belum tentu akan menjadi kenyataan, karena masih dalam konsep, atau sedang dalam pengembangan untuk beberapa kemungkinan 5 hingga 50 tahun di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat!

(Roji)

1553 Total View | 1 View Hari ini

ISI KOMENTAR

Menu Utama
© 2017
YASKUM INDONESIA