Senin, 23 April 2018
Berita Terkini
Putra Bangsa Kelahiran Belitung Menjadi Astronot Pertama dari Indonesia yang Akan Menjelajah Luar Angkasa
Rizman Adi Nugraha

Putra Bangsa Kelahiran Belitung Menjadi Astronot Pertama dari Indonesia yang Akan Menjelajah Luar Angkasa

Jakarta – Rizman Adhi Nugraha, putra kelahiran Belitung bakal menjadi astronot pertama dari Indonesia yang akan menjelajah luar angkasa. Waktu keberangkatan pun semakin dekat. Jika tak ada perubahan, take off paling cepat akhir tahun ini dan paling lambat awal tahun depan.

Rizman Adhi Nugraha terpilih menjadi salah satu dari 24 finalis pada kompetisi AXE Apollo Space Academy di Florida, Amerika Serikat. Kemenangan Rizman diumumkan oleh para juri yang salah satunya adalah astronot legendaris Amerika, Buzz Aldrin, di Kennedy Space Center, Florida. Kini dia sedang menyelesaikan kursusnya dan berhak untuk diberangkatkan ke antariksa dengan XCOR Aerospace Lynx, sebuah pesawat luar angkasa komersial.

Pria kelahiran 2 April 1989 yang dibesarkan di Belitung ini mengenyam pendidikan sekolah dasarnya di SD 45 Tanjungpandan. Setelah tamat ia melanjutkan ke SMPN 1 Tanjungpandan dan kemudian SMA Negeri 1 Tanjungpandan. Pada tahun 2006, ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Bina Nusantara, Jakarta mengambil program IT.

Menurutnya, tes yang diikutinya cukup panjang. Diantaranya tes tes fisik, psikologi, bahasa Inggris, dan beberapa kegiatan yang menguji keberanian. Ia terpilih bersama tiga finalis asal Indonesia lainnya. Yakni Abraham Vigrana, mahasiswa asal Bandung dan Muhammad Sidharta Krisna, seorang dokter asal Jogjakarta. Mereka kemudian dikirim untuk mengikuti kompetisi tingkat internasional yang dilaksanakan di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Di Florida, para finalis diberikan pelatihan astronot yang menantang fisik dan mental. Mereka juga ditantang menjadi co-pilot untuk menerbangkan pesawat tempur SIAI Marchetti SF260 sambil melakukan gerakan akrobat di udara. SIAI Marchetti SF260 adalah sebuah pesawat terbang yang kecepatannya melebihi kecepatan suara.

Selain itu para calon astronot ini juga harus merasakan sensasi gravitasi nol ketika diangkut dalam pesawat Boeing 727 yang melakukan gerakan parabola dan akhirnya mengikuti simulasi gaya gravitasi ekstrim dalam G-Force Training.

“Saya ingin mengharumkan nama bangsa Indonesia dan membanggakan orangtua, serta tanah kelahiran saya, Belitung,” ujar Rizman.

Selamat untuk Rizman yang telah mengharumkan Indonesia di dunia Internasional khususnya Dunia Penerbangan.

Bravo Rizman, Bravo Merah Putih.

1618 Total View | 1 View Hari ini

ISI KOMENTAR

Menu Utama
© 2017
YASKUM INDONESIA