Sabtu, 25 November 2017
Berita Terkini
Marquez Di Indianapolis
Marquez

Marquez Di Indianapolis

Jakarta – Setelah jeda musim panas, akhir pekan ini kejuaraan dunia balap motor grand prix akan kembali dihelat di Indianapolis. Pada kelas primer MotoGP sirkuit itu ternyata sedang didominasi oleh rider-rider dari Honda.

Dalam lima musim terakhir MotoGP Indianapolis selalu berhasil dimenangi oleh para pebalap Honda. Hal itu tentu akan menambah keyakinan Marc Marquez dari Repsol Honda, yang dalam balapan terakhir sebelum ini di Sachsenring juga sudah meraih kemenangan.

Marquez, juga sebagai juara bertahan, saat ini sedang menempati posisi empat klasemen sementara dan berusaha mengejar pemuncak klaseman Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang berjarak 65 poin darinya.

Menghadapi balapan nanti Marquez bisa kian percaya diri mengingat dalam dua balapan terakhir di Indianapolis ia bukan cuma jadi pemenang melainkan juga meraih posisi pole dan mencatat waktu putaran tercepat. Mengikutsertakan balapan di kelas lain, Marquez bahkan sudah menjadi pemenang di Indianapolis selama empat musim terakhir–di kelas Moto2 pada 2011 dan 2012.

Berikut data dan fakta seputar balapan nanti seperti dikutip MotoGP.com.

– Ini akan menjadi kali ke-28 ada balap motor grand prix yang dilangsungkan di AS. Dua kesempatan pertama adalah pada 1964 dan 1965 dan dihelat di sirkuit Daytona. Ada 15 event grand prix lain yang dipentaskan di Laguna Seca, dan ada tujuh lainnya di Indianapolis dan tiga di Austin.

– Event balap motor grand prix pertama yang dilangsungkan di Indianapolis adalah pada 2008. Balapan saat itu dibayangi oleh Badai Ike, memunculkan angin kencang dan hujan, sehingga balapan dipotong dan balapan 250cc dibatalkan.

– Rider-rider Yamaha memenangi balapan MotoGP pada dua awal lawatan ke Indianapolis, sedangkan para rider Honda meraih kemenangan di lima tahun terakhir.

– Jorge Lorenzo, bersama Yamaha pada 2009, menjadi kali terakhir pebalap non-Honda memenangi balapan MotoGP di Indianapolis.

– Posisi tiga dari Nicky Hayden dalam balapan 2009 merupakan satu-satunya podium MotoGP oleh seorang rider Ducati di Indianapolis.

– Hasil terbaik dari Suzuki di Indinapolis adalah finis posisi enam oleh Alvaro Bautista pada 2011 dan Ben Spies di 2008 ketika ia tampil sebagai wild card.

– Dalam empat penampilan pertama MotoGP Indianapolis, satu rider Amerika finis di podium pada setiap tahunnya: posisi dua Nicky Hayden di 2008 dan posisi tiga di 2009; posisi dua Ben Spies di 2010 dan tiga di 2011. Pada balapan MotoGP Indianapolis 2012 rider Amerika pertama yang melintasi garis finis adalah Colin Edwards di posisi 13, sedangkan pada 2013 ada Nicky Hayden pada posisi sembilan. Tahun lalu satu-satunya rider Amerika yang mengawali balapan di Indianapolis adalah Colin Edwards yang finis ke-13.

– Enam finis podium dari Jorge Lorenzo dalam balapan MotoGP di Indianapolis merupakan yang terbanyak dibandingkan rider-rider lain.

– Ada empat pebalap yang tampil tahun ini dan sudah ambil bagian dalam seluruh tujuh MotoGP Indianapolis sebelumnya: Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, dan Dani Pedrosa.

– Untuk masing-masing dari dua tahun terakhir balapan kelas MotoGP di Indianapolis, Marc Marquez sudah meraih pole, memenangi balapan, dan mencatatkan waktu putaran tercepat.

– Dalam empat tahun terakhir, rider yang menempati pole di MotoGP Indianapolis sekaligus berhasil memenangi balapan.

– Posisi pole dari Ben Spies di Indianapolis pada 2010 adalah kali terakhir rider Amerika mengawali balapan dari posisi terdepan di MotoGP

(Roji)

950 Total View | 1 View Hari ini

ISI KOMENTAR

Menu Utama
© 2017
YASKUM INDONESIA