Sabtu, 25 November 2017
Berita Terkini
Google Akan Hilangkan Sejumlah Aplikasi di Ponsel Android
Google Akan Hilangkan Sejumlah Aplikasi di Ponsel Android (Foto: Ubergizmo)

Google Akan Hilangkan Sejumlah Aplikasi di Ponsel Android

CALIFORNIA – Beberapa Original Equipment Manufacturer (OEM) atau produsen ponsel, kerap kali menginstal aplikasi dan layanan buatan Google pada ponsel besutannya. Beberapa aplikasi tersebut memang sebagian memiliki fungsi, namun banyak sebagian dari aplikasi buatan Google tersebut tak digunakan dan pada akhirnya hanya menjadi bloatware.

Mengutip Ubergizmo, Jumat (21/8/2015), jika pengguna membeli sebuah smartphone berbasis Android terbaru, biasanya mereka akan mendapat beberapa aplikasi bawaan Google terinstal, seperti Google+, Google Play Books, atau Google Newsstand.

Sebagian dari aplikasi itu, jarang digunakan oleh sang pemilik smartphone dan pada akhirnya menjadi bloatware atau membuat lelet perangkat. Di masa depan, Google berencana untuk mengurangi kehadiran aplikasi bawaan mereka di smartphone Android.

Untuk mengurangi aplikasi bawaan yang hanya membebani storage di smartphone, Google nantinya akan mewajibkan OEM yang merasa membutuhkan aplikasi mereka untuk melakukan pendaftaran pra-instal. Para OEM, nantinya akan diminta untuk memenuhi persyaratan tertentu agar aplikasi buatan Google dapat dimasukkan ke dalam smartphone.

Dengan adanya peraturan baru tersebut, secara otomatis para OEM akan memiliki pilihan untuk tidak menyertakan aplikasi Google di perangkat mereka. Pemilik smartphone pun dibebaskan untuk mengunduh aplikasi bawaan Google tersebut di Play Store jika mereka membutuhkannya. (Kem)

Berita Rekomendasi :
Google

(Roji)

1124 Total View | 1 View Hari ini

ISI KOMENTAR

Menu Utama
© 2017
YASKUM INDONESIA