Rabu, 18 Oktober 2017
Berita Terkini
Berakhirnya Era Yaskum dan Deklarasi Yaskum Indonesia
Deklarasi dan Jalan Sehat Yaskum Indonesia

Berakhirnya Era Yaskum dan Deklarasi Yaskum Indonesia

Setelah lebih dari 2 (dua) dekade berkiprah dalam dunia sosial, Yayasan Kharisma Usada Mustika (Yaskum) secara resmi telah dinyatakan dibubarkan. Pembubaran Yaskum ini seiring dengan pendirian dan deklarasi organisasi masyarakat (ORMAS) baru yang bernama Yaskum Indonesia yang dirayakan secara khidmat dengan semangat kebersamaan dan kebahagiaan dalam suatu kegiatan yang bernama “Deklarasi dan Jalan Sehat Yaskum Indonesia”. Event ini telah dilaksanakan di Pantai Karnaval, Ancol Jakarta pada Hari Minggu tanggal 11 Desember 2016 bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal 1437 Hijriah bertepatan dengan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Naskah Deklarasi Yaskum Indonesia dibacakan langsung oleh Ketua Umum Yaskum Indonesia, Andi Mulhanan Tombolotutu yang menegaskan bahwa Yaskum Indonesia telah siap untuk berkiprah dalam dunia kemasyarakatan di Negara Republik Indonesia dengan berlandaskan pada visi perjuangan organisasi dengan berlandaskan pada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai pedoman dan aturan dasar bernegara dan berbangsa di Indonesia dengan filosofi dasar “Bhinneka Tunggal Ika” dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Dalam perjuangannya tersebut, Yaskum Indonesia berpedoman pada 3 (tiga) filosofi perjuangan yang didasari atas keinsyafan dan kesadaran bahwa :

  1. Arena dan lahan perjuangan sangat banyak dan variatif yang disesuaika dengan nuansa usia, zaman dan bidang garapan;
  2.  Dalam perjuangan diperlukan saling tolong-menolong “Ta’awanu ‘alal birri wattaqwa, prinsip-prinsip umat yang baik;
  3. Siap bekerjasama dengan berbagai pihak tanpa memandang latar belakang Suku, Agama, Ras dan Bangsa , baik secara kualitatif fungsional, baik secara program nyata maupun penyiapan sumber daya manusia dan mendorong sumber daya ekonomi untuk sebesar-besarnya kemaslahatan ummat dan rakyat Indonesia.

Dalam menjabarkan 3 (tiga) filosofi dasar perjuangan tersebut, Yaskum Indonesia bukanlah ormas biasa dengan kekhasan dan keunikan karena menjalankan 3 (tiga) fungsi dalam satu badan yakni sebagai : Pertama, organisasi masyarakat, Kedua, badan ekonomi dan kesejahteraan, Ketiga, badan sosial/NGO.

Sebagai akibat telah di-deklarasi-kannya Yaskum Indonesia pada kegiatan “Deklarasi dan Jalan Sehat Yaskum Indonesia tanggal 11 Desember 2016” tersebut maka Yaskum Indonesia tidak lagi bertanggungjawab dan/atau melepaskan diri dari segala kegiatan pembinaan mental dan spiritual yang dahulu pernah diadakan oleh Yayasan Kharisma Usada Mustika. Segala kegiatan oknum atau pihak-pihak tertentu yang masih mengatasnamakan Yaskum atau Yayasan Kharisma Usada Mustika adalah diluar tangungjawab Yaskum Indonesia. Dengan mengharap rahmat dan izin Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Yaskum Indonesia sebagai badan/organ baru yang akan berkembang dan siap menyesuaikan peran dan tanggungjawabnya sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Salam Sejahtera,

 

Yaskum Indonesia

1855 Total View | 1 View Hari ini

ISI KOMENTAR

Menu Utama
© 2017
YASKUM INDONESIA