Hubungan YI & RASI

Yaskum Indonesia dan RASI adalah dua Ormas (Perkumpulan) yang mempunya tujuan dan orientasi berbeda namun tetap satu.

RASI yang bergerak dalam pembinaan mental spritual dan YI sebagai organisasi yang bergerak pada bidang sosial kemasyarakatan, ekonomi dan sebagainya. Tetapi pada hakekatnya RASI dan YI adalah dwitunggal, dua tetapi satu.
Seperti diumpamakan Jiwa dan Raga, Lahir dan Batin Dunia dan Akhirat, dua organisasi ini adalah Dwi Tunggal. Setiap anggota RASI otomastis menjadi anggota Yaskum Indonesia. Sementara anggota YI belum pasti menjadi anggota RASI. Penjelasannya karena YI akan bergerak secara fleksibel dalam aktifitas keduniawian yang melibatkan banyak orang, berbagai kalangan dan latar belakang lainnya. Dalam proses itulah diharapkan kemudian, mereka yang menjadi anggota YI akan masuk menjadi anggota RASI, tentu saja melalui tahapan pembinaan sebagai yang sudah diputuskan dalam Rakernas Rasi dan YI.
Jadi YI akan membuat sejumlah program untuk pemberdayaan dari sisi keduniawian seperti pelatihan keterampilan, bantuan permodalan usaha, kepemimpinan dan lain-lain. Jadi penerima manfaat dari seluruh program yang dibuat YI adalah bertujuan untuk memberdayakan anggotanya yang juga adalah anggota dari RASI itu sendiri.
Sebagai tertuang dalam Naskah Deklarasi RASI dan YI pada 11 Desember 2016 di Ancol, bahwa dalam perjuangannya tersebut, YI berpedoman pada 3 (tiga) filosofi perjuangan yang didasari atas keinsyafan dan kesadaran bahwa :

Arena dan lahan perjuangan sangat banyak dan variatif yang disesuaikan dengan nuansa usia, zaman dan bidang garapan:

Dalam perjuangan diperlukan saling tolong-menolong “Ta’awanu ‘alal birri wattaqwa, prinsip-prinsip umat yang baik;
Siap bekerjasama dengan berbagai pihak tanpa memandang latar belakang Suku, Agama, Ras dan Bangsa , baik secara kualitatif fungsional, baik secara program nyata maupun penyiapan sumber daya manusia dan mendorong sumber daya ekonomi untuk sebesar-besarnya kemaslahatan ummat dan rakyat Indonesia.
Sementara itu RASI dalam pengorganisiran pembinaan ummat kembali pada Pos pembinaan pada masing-masing daerah dan wilayah dimana dia melakukan pembinaan. Adapun Tujuan dan Fungsi RASI sebagaimana tertuang dalam AD/ART dan Buku Panduan Pembinaan

Rate this article!
Hubungan YI & RASI,0 / 5 ( 0votes )
Tags:

Leave a Reply